Saturday, February 25, 2017

Tugas Ide Bisnis Technopreneurship

1. Apa itu technopreneurship?

Belakangan ini kita seringkali mendengar istilah technopreneurship. Technopreneurship merupakan gabungan dari dua kata, yaitu Technologi dan Enterpreneurship. Secara umum, kata Teknologi digunakan untuk merujuk pada penerapan praktis ilmu pengetahuan ke dunia industri atau sebagai kerangka pengetahuan yang digunakan untuk menciptakan alat-alat, untuk mengembangkan keahlian dan mengekstraksi materi guna memecahkan persoalan yang ada. Sedangkan kata entrepreneurship berasal dari kata entrepreneur yang merujuk pada seseorang atau agen yang menciptakan bisnis/usaha dengan keberanian menanggung resiko dan ketidakpastian untuk mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada (Zimmerer & Scarborough, 2008).

Definisi dari Technopreneurship merupakan suatu upaya dalam membuat bisnis dengan berbasis IT, sehingga diharapkan pergerakan bisnis tersebut selalu baik. Teknologi zaman saat ini sangat berpengaruh terhadap bidang apapun, termasuk juga wirausaha. Oleh karena itu pakar IT berusaha mengembangkan wirausaha dengan IT. Technopreneurship sendiri bersumber dari sebuah invensi dan inovasi. Agar technopreneurship dapat berjalan dengan sukses maka harus mengintegrasikan antara jiwa entrepreneurship dan pengetahuan teknologi yang baik.

Contoh perusahaan technopreneurship dan technopreneur dunia yang sudah sangat berhasil diantaranya : Microsoft, Apple, Google, Amazon, dan Twitter. Mereka telah merajai produk komputer dan internet dunia serta dirintis dari nol oleh para pendiri yang memiliki visi jauh ke depan dengan memutuskan menjadi seorang technopreneur.  Contoh lain adalah pemilik Facebook yaitu Mark Elliot Zuckerberg dimana ia adalah seorang pemrogram komputer dan pengusaha Internet. Ia dikenal karena menciptakan situs jejaring sosial Facebook bersama temannya, yang dengan itu ia menjadi pejabat eksekutif dan presiden. 

2. Apa itu kreativitas dan inovasi?

Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking new thing). Sedangkan inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (doing new thing). Contoh dari kreativitas adalah memanfaatkan kulit jagung, banyak orang yang tidak tahu atau tidak bisa bahwa kulit jagung yang tidak di manfaatkan bisa kita jadikan kerajinan yang beraneka ragam, seperti bunga, tas, dan berbagai hiasan rumah yang pastinya sangat ekonomis dibandingkan bila kita harus membeli hiasan rumah di toko atau pasar. Sedangkan, contoh dari inovasi sendiri adalah misalnya dalam bidang teknologi, AC yang memiliki kemampuan lebih untuk membunuh berbagai jenis nyamuk termasuk demam berdarah. Pendingin ruangan ini tak hanya memberi rasa sejuk yang nyaman, namun juga memberi kesehatan kepada penggunanya. Hal ini merupakan pengembangan fungsi dari AC yang biasanya digunakan untuk mendingikan ruangan saja.

Jadi, menurut saya kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu yang baru dan berbeda, sedangkan inovasi merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu yang baru dan berbeda. Sesuatu yang baru dan berbeda tersebut dapat dalam bentuk hasil seperti barang dan jasa, dan bisa dalam bentuk proses seperti ide, metode, dan cara. Sesuatu yang baru dan berbeda yang diciptakan melalui proses berpikir kreatif dan bertindak inovatif merupakan nilai tambah (value added) dan merupakan keunggulan yang berharga. Nilai tambah yang berharga adalah sumber peluang bagi wirausaha. Ide kreatif akan muncul apabila wirausaha "look at old and think something new or different".

3. Ide bisnis di bidang Technopreneurship:
    Image result for makeup png
  • Penjualan kosmetik online. Penjualan kosmetik online ini akan berbasis media sosial, website, dan aplikasi. Kami tidak hanya menjual produk-produk kosmetik saja, namun juga memberikan informasi kepada calon pembeli kami mengenai produk-produk yang kami jual. Dalam sosial media, website dan aplikasi kami nantinya akan dilengkapi dengan video tutorial makeup, informasi-informasi mengenai makeup yang cocok untuk kulit wajah kita, serta dalam aplikasi kami akan dilengkapi dengan fitur camera makeup dimana fitur ini membantu wanita yang senang bereksperimen dengan makeup. Camera makeup ini bisa digunakan sebagai percobaan terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya langsung ke wajah. Kita bisa mencoba makeup klasik, natural ataupun trendi sesuai dengan kebutuhanmu. Atau jika kita ingin mempertajam matamu agar terlihat lebih elegan, aplikasi ini memiliki fitur untuk membuat smokey eyes.
    Image result for print it
  • Jasa layanan print dan jasa pengetikan online. Banyak orang yang terkadang tidak sempat untuk mencetak tugasnya diluaran dengan berbagai alasan. Dengan adanya jasa yang kami tawarkan ini maka orang-orang dapat terbantu dengan hanya mengklik web ataupun aplikasi kami sehingga akan muncul harga yang harus mereka bayarkan. Tak hanya jasa print kami juga menyediakan jasa pengetikan yang dapat dipesan melalui web atau aplikasi yang akan dibuat.
    Image result for grocery shopping clipart
  • Aplikasi untuk belanja buah dan sayuran online. Dimana pada aplikasi ini nantinya sebelum memilih sayuran yang ingin dibeli, pembeli harus menentukan lokasi pasar tempat sayuran tersebut akan dibeli. Untuk menggunakan layanan ini, Pembeli harus membayar ongkos kirim yang besarnya sesuai dengan jarak lokasi antara lokasi pengiriman dan lokasi pembelian sayuran. Pada aplikasi akan terdapat lebih banyak pilihan lokasi pembelian buah dan sayur tersebut. Dalam aplikasi ini nantinya juga akan di lengkapi gambar, harga, dan lain-lain yang akan memudahkan pembeli.

1 comment:

  1. Hotel in Reno, NV | MapYRO
    Get directions, reviews and information 충청북도 출장마사지 for Hotel in Reno, NV. This hotel 안양 출장샵 is located in the south 구미 출장안마 end of the Strip, a short drive from the Reno Convention Center. Rating: 충청북도 출장마사지 7.5/10 · ‎5,362 reviews · ‎Price range: $$ 과천 출장샵

    ReplyDelete